Q&A

Kedokteran Gigi DIbedakan Jurusannya Dengan Dokter Umum

7:43:00 PM


Q : Kenapa sih kedokteran gigi gak kuliah kedokteran umum dulu?
A : Karena ..

JAWABAN : 

Dari dulu FKG (Fakultas Kedokteran Gigi) sudah berdiri sendiri. Dari sejarah yang dulu (search google aja) entah bagaimana kedokteran gigi ini sudah dipisahkan dari kedokteran umum. Untuk menjadi dokter gigi saja harus melewati jenjang S1 (preklinik) dan jenjang Profesi. Nah untuk masa studinya sendiri untuk S1 ditempuh selama 3,5 tahun (rata rata) dan untuk jenjang profesinya sekitar 1,5 - 2 tahun (rata-rata). Di kedokteran gigi juga pastinya belajar tentang kedokteran umum, khusus semester awal dapat materi tentang kedokteran umum seperti mengenal sistem dan fungsi tubuh, metabolisme tubuh, sel dan genetik, imun, sistem pernafasan. Barulah semester berikutnya mulai fokus ke ilmu kedokteran gigi, dikupas tuntas tidak hanya teori tapi juga skill nya diuji. Sama seperti kedokteran umum, di kedokteran gigi juga ada spesialis. Untuk spesialis tersebut masih harus ditempuh 3-5 tahun :) 

So, buat yang bertanya kenapa sih dipisah? Karena kedokteran gigi itu harus lebih fokus terhadap kesehatan gigi dan mulut, tidak sedikit kasus kasus yang berhubungan dengan penyakit sistemik berasal dari rongga mulutnya. Jadi konklusinya kalo misal harus masuk dokter umum lanjut ke ilmu gigi ya kapan selesainya hehe.. Sedangkan di kedokteran gigi nya saja ilmunya banyak yang harus dipelajari, dan ditambah skill tambal menambal dan mencabut yang harus selesai ditempat dengan waktu yang seefektif mungkin. 

Jadi ya dokter gigi hanya bekerja untuk masalah kesehatan gigi dan mulut serta mendiagnosis penyakit yang terkait atau tidaknya dengan penyakit sistemik. Apabila hal itu terjadi seorang dokter gigi bekerja sama dengan teman sejawatnya artinya si pasien ini dirujuk terlebih dahulu ke dokter umum, boleh tidak nya dilakukan tindakan perawatan gigi :)

----













 

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE






SaveSave